Ads 468x60px

.

Labels

28.6.11

Panduan Flashing Samsung Galaxy 5 ke Gingerbread 2.3.3

Telah lama menunggu kabar agar bisa melakukan upgrade yang semula menggunakan Android versi 2.1 (Eclair) ke versi 2.2 (Froyo) untuk Samsung Galaxy 5, tujuannya sih agar bisa memasang aplikasi di SD Card, berhubung memori internalnya hanya berkapasitas dibawah 200 MB. Pada saat itu terus menerus terjadi penundaan datangnya Froyo untuk Galaxy 5.
Saya pun mulai mengenal MAD Team, suatu kelompok yang mampu melakukan kostumisasi ROM, dan tentu saja saya sangat tertarik dengan karya mereka. Mereka hebat!
Namun, pada akhirnya baru-baru ini terdengar kabar bahwa pihak Samsung telah memenuhi janjinya untuk menghadirkan Froyo untuk Galaxy 5.
Sehingga GFIVERS (sebutan untuk pengguna Galaxy 5) memiliki pilihan apakah ingin menggunakan Froyo resmi dari Samsung, atau menggunakan ROM kostumisasi yang sekarang sudah menghadirkan Gingerbread?
Jika ternyata pilihannya jatuh pada ROM yang dikostumisasi dan ingin segera melakukan flashing (tentunya beresiko), ikuti langkah berikut:
A. PERSIAPAN MENTAL DAN RESIKO
Peringatan : Lakukan Dengan Resiko Kamu Sendiri!
  1. Apapun yang akan terjadi ketika kamu melakukan flashing terhadap smartphone Samsung Galaxy 5, merupakan tanggung jawab kamu sendiri. Penulis tidak bertanggung jawab atas apa yang terjadi setelahnya. Jika mengikuti langkah dibawah berarti kamu siap menanggung resikonya.
  2. Kekurangan : Radio masih belum bisa digunakan, tidak dapat terhubung dengan KIES (kalau saya tidak begitu membutuhkan KIES), selengkapnya.
B. KEBUTUHAN ALAT
  1. Smartphone Samsung Galaxy 5 GT-I5500 atau GT-I5503. (GT I5508 tidak termasuk!)
  2. SD Card minimal 2 GB
  3. Kabel Samsung mini-USB Original
C. KEBUTUHAN SOFTWARE
  1. Samsung KIES (sudah dipaketkan ketika membeli Samsung Galaxy 5 dalam bentuk CD (2 keping), tetapi sebenarnya yang dibutuhkan hanyalah “Samsung USB Driver for Mobile Phone”)
  2. Odin Multi Downloader versi 4.28
  3. File EUROPA_v1.0.ops
  4. MAD Team ROM Cyanogen 7 (mod) versi 3.31
  5. Mini Tool Partition Wizard (rekomendasi)
  6. Winrar atau 7zip.
D. INSTALASI SAMSUNG KIES
  1. Lakukan instalasi seperti biasa sampai selesai (yang dibutuhkan hanyalah USB driver), dan jalankan.
  2. Pastikan smartphone dalam keadaan menyala, lalu pasangkan ke komputer menggunakan kabel mini-USB.
  3. Tunggu proses instalasi USB driver sampai selesai
  4. Ketika smartphone terpasang ke komputer, pada layar smartphone akan muncul dua opsi yaitu : “KIES” dan “UMS mode only”. Pilih opsi “KIES” lalu pilih “OK”
  5. Kembali ke aplikasi KIES dan jika ada langkah-langkah awal yang perlu dilakukan, ikuti saja sampai smartphone dan aplikasi KIES terhubung dengan baik
  6. Tutup KIES dan lepaskan smartphone dari komputer.
E. MENYIAPKAN FILE DI KOMPUTER
  1. Buat folder baru didesktop “GT-I5500”
  2. Copy file “Odin Multi Downloader v4.28.exe”, “EUROPA_v1.0.ops” dan “cy7-galaxy5-v3.31.7z” kedalam folder tersebut
  3. Extract file “cy7-galaxy5-v3.31.7z” menggunakan winrar atau 7zip, sehingga muncul file “cy7-galaxy5-v3.31.tar”. Karena yang dibutuhkan adalah file tar yang sudah di extract, hapus saja file “cy7-galaxy5-v3.31.7z”
  4. Sehingga file yang ada didalam folder “GT-I5550” yaitu :  “Odin Multi Downloader v4.28.exe”, “EUROPA_v1.0.ops” dan “cy7-galaxy5-v3.31.tar”.
F. PERSIAPAN SMARTPHONE (DOWNLOADING MODE)
  1. Backup terlebih dahulu seluruh data kamu, terutama daftar kontak. (untuk kontak lebih praktis menggunakan google sync) karena akan melakukan hard reset!
  2. Hapus semua aplikasi third party yang telah terpasang
  3. Lakukan hard reset dengan menggunakan kode *2767*3855#
  4. Matikan smartphone dan lepaskan SD Card dan SIM Card
  5. Mempartisi SD Card (misalkan saya menggunakan SD Card berkapasitas 4 GB) dengan menggunakan software Mini Tool Partition Wizard, sebanyak 3 partisi yang terdiri dari : Partisi 1 : Primary, format FAT32, berkapasitas 2,9 GB (selisih dari partisi ext4 dan swap) – | Partisi 2 : Primary, format ext4, berkapasitas 1 GB (kapasitas maksimal 1 GB) | Partisi 3 : Pimary, format swap, berkapasitas 100 MB (kapasitas antara 50-100 MB).
  6. Pastikan hanya membuat 3 partisi, yang harus terurut seperti diatas (pertama FAT32, kedua ext4 dan ketiga swap) dengan syarat semua partisi harus PRIMARY! Dan pastikan kamu melakukan format di komputer dengan menggunakan Mini Tool Partition Wizard! Tidak menggunakan Apps2SD dari MAD Team.
  7. Masukkan hanya SD Card (Hanya SD Card yang terpasang, SIM Card jangan dulu)
  8. Ketika smartphone dalam keadaan mati, tekan dan tahan ketiga tombol secara bersamaan : tombol volume bawah + tombol tengah (yang berada ditengah-tengah tombol navigasi) + tombol power
  9. Tahan terus ketiga tombol tersebut sampai muncul gambar segitiga warna kuning yang ditengahnya ada logo android, dengan tulisan “Downloading…” dibawahnya.
G. FLASHING DENGAN ODIN MULTIDOWNLOADER
  1. Jika aplikasi KIES masih aktif, matikan terlebih dahulu (jika masih ada icon KIES pada tray, keluar dengan mengklik kanan icon KIES, pilih exit)
  2. Pasangkan smartphone (masih dalam kondisi Downloading Mode) ke komputer menggunakan kabel mini-USB
  3. Buka folder GT-I5500 yang telah dibuat, jalankan file “Odin Multi Downloader v4.28.exe”
  4. Pastikan box yang berada dibawah tulisan “Com Port Mapping” harus berwarna kuning (jika pertama kali dihubungkan, tunggu beberapa saat sampai warna warna kuning-nya muncul, setelah odin driver terinstal pada windows). Jika belum berwarna kuning, kemungkinan ada beberapa masalah seperti kabelnya yang bermasalah, maka dari itu lakukan pemeriksaan terlebih dahulu.
  5. Pada menu Odin Multi Downloader disebelah kiri, beri tanda checklist opsi “One Package”, opsi “Auto Reboot” dan opsi “Protect OPS”. Tinggalkan opsi “Debug Only” (unchecked).
  6. Pada menu Odin Multi Downloader disebelah kanan, pilih tombol OPS (Select OPS), arahkan ke file “EUROPA_v1.0.ops” yang berada di desktop, didalam folder GT-I5500.
  7. Pada menu Odin Multi Downloader disebelah kanan, pilih tombol One Package (Select Integrated Package – Check One Package Option), arahkan ke file “cy7-galaxy5-v3.31.tar” yang berada di desktop, didalam folder GT-I5500.
  8. Pilih tombol Start untuk memulai flashing! Peringatan : Jangan diganggu ketika proses ini berlangsung, harus sampai selesai! (waktu yang dibutuhkan sekitar 3-5 menit, kamu bisa melihat status message-nya ketika flashing berlangsung).
H. BOOTING PERTAMA (RECOVERY MODE)
  1. Ketika flashing selesai, smartphone akan reboot dengan sendirinya dan akan muncul tulisan “Android System Recovery”.
  2. Jangan khawatirkan tulisan error berwarna kuning, tetap tenang..
  3. Menggunakan tombol navigasi, pilih opsi “wipe data/factory reset”, lalu tekan tombol tengah
  4. Selanjutnya pilih opsi “Yes, delete all user”, lalu tekan tombol tengah
  5. Kembali lagi ke menu awal Android System Recovery, pilih “reboot system now”, lalu tekan tombol tengah
  6. Setelah booting kembali, tunggu prosesnya sekitar 1-2 menit, lalu turn off atau matikan smartphone untuk memasangkan SIM card.

I. SELESAI!

1. Secara langsung smartphone sudah di rooting
Jangan lupa untuk melakukan konfigurasi agar aplikasi dapat dipindahkan dan secara langsung terpasang di SD Card (external storage). Langkahnya: Buka menu settings >> CyanogenMod settings >> Application >> Install location >> External
2. Jika ingin memindahkan lokasi penyimpanan : Buka menu settings >> CyanogenMod settings >> Application >> check list “Allow application moving”. Untuk memindahkannya buka “Manage Application”, pilih aplikasi yang ingin dipindahkan, lalu pilih “move to SD Card” atau “move to phone”
3. Masih banyak menu tambahan hasil modifikasi yang dapat dimanfaatkan
4. Masalah stabilitas, memang perlu dipertanyakan 



19 komentar:

  1. wah,,,
    kl d blog begini jd semakin lengkap,,,
    tp kl bs, dipotong aj,,
    mksd nya tu yg jd ad tulisan "read more" / "baca selanjutnya",,,
    jd 1 halaman home bs muat banyak judul,,,ga perlu banyak menggulung layar,,

    BalasHapus
  2. tutorialnya berlaku juga buat upgrade ke cm7.1? bagusnya mulai dari eclair apa froyo?

    BalasHapus
  3. pr@p : ukey gan makasih sarannya... blog naa baru dibuat jd masih acak2an nieh hehehe :)

    R. Bambang Widiatmoko : iyaa berlaku buat semua cyanogen mod 7,, sebaiknya mulai dari froyo gan :) ikuti langkah2nya dengan benar pasti berhasil... selamat mencoba :)

    BalasHapus
  4. ane pake rom 209f gan...klo saran MAD Team ROM Cyanogen 7 (mod) versi 3.31 diganti ma yang cy71-galaxy5-v0.4-hotfix4 nga papa ya,mohon saranya...

    BalasHapus
  5. v0.5 lebih asyik... hehehehe :P

    BalasHapus
  6. Gan kalo flashingnya pake Froyo resmi Samsung, bisa gak? apa harus diganti dulu ke 209f?

    BalasHapus
  7. baru flashing cm 7, keluar dari add a google account gmn ya? bete ah

    BalasHapus
  8. GOOD....dah berhasil flashingnya...tapi setelah tk install semua apps nya ternyata suara speker gk keluar (termasuk SMS & call), pdhl set vol dah besar..bahkan aplikasi yg ada suaranya pun gk keluar suara...putar MP3 + video gk bisa..Mohon Solusinya
    ke : indypink77@gmail.com

    TQ B 4

    BalasHapus
  9. min, web download ROM nya diupdate lagi dong, ane baru pengen update ke ginger. multiupload udah down ga bisa diakses lagi. thankkss :)

    BalasHapus
  10. cek kesini untuk link dan versi terbaru dari cyanogenmodnya ya,, http://madteam.co/forum/development-8/(testers-needed)-cyanogenmod-7-2-'vanilla'-build/

    atau gabung di http://www.facebook.com/groups/137089139705769/

    group galaxy 5 gfivers indonesia
    disitu lengkap paling lengkap

    BalasHapus
  11. gan hp g5 ane pas di nyalain masuk nya mode download aja gan...itu knapa ya gan n gimana cara benerin nya gan, maklum saya masih pemula...tolong bantuan nya agan"
    trimakasih

    BalasHapus
  12. dear all...

    semalam nyoba update 2.2 ke 2.3 pake custrom cyanogenmod 7. sukses n semua hardware berfungsi. tapi jadi ga bisa conect ke internet. sy sudah coba setting manual n reboot, tapi tetep ga bisa. sy pake axis. gimana dunk solusinya? thanks...

    BalasHapus
    Balasan
    1. setting manual jja gan, trus d bagian APN type'a d kosongin (tdk d isi)...!, ane jga tadi'a sma kya Agan, pas ane coba kosongin APN type'a, ehh berhasil...!!

      Hapus
  13. kalo disini belum ada jawaban di post aja di group FB ya,,http://www.facebook.com/groups/137089139705769/

    BalasHapus
  14. mantap brow... amat sangat berguna... life for GFIVERS... Gt I5503qw sekarang jd keren...

    BalasHapus
  15. broo ane udah 3 kali ngulang flashing karna bootingnya udah lebih dari sejaman itu ngak apa kan ya? need fast respon

    BalasHapus